Western Union Indonesia WU

Bukti Lapor Diri pada Paspor

Paspor - Posted by: Abu Rayyan | 28 Jun 2017 06:51 WIB | 161
Bukti Lapor Diri pada Paspor
Paspor dan contoh lapor diri ke KBRI - Photo : Google

Jeddah, LiputanBMI - Berdasarkan Undang-undang No.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal, serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada pemerintah setempat dan/atau Perwakilan RI yang meliputi tempat tinggalnya (Pasal 4 UU no.23/2006).

Untuk itu, setiap WNI yang akan tinggal lebih dari 5 (lima) hari di Arab Saudi, baik untuk tujuan belajar, kuliah, bekerja, maupun menetap untuk selamanya, perlu melakukan Lapor Diri ke KBRI Riyadh atau ke KJRI Jeddah.

Maksud melakukan Lapor Diri bagi WNI diantaranya adalah untuk membantu upaya perlindungan terhadap WNI yang berada di Arab Saudi, memastikan WNI terdaftar dalam Daftar Pemilih di PEMILU, memudahkan dalam memperoleh layanan keimigrasian dan kekonsuleran di KBRI Riyadh atau KJRI Jeddah.

Proses dan prosedur untuk lapor diri sangat mudah dan tidak dipungut bayaran. Lapor Diri dapat dilakukan secara online atau datang langsung ke KBRI Riyadh atau KJRI Jeddah dan mengisi formulir lapor diri (download formulir).

Untuk Lapor Diri secara online, silahkan mengisi form Lapor Diri melalui LINK ini. Selanjutnya, silahkan membawa atau mengirimkan paspor melalui pos ke Bagian Konsuler KBRI Riyadh atau KJRI Jeddah, guna mendapatkan cap lapor diri pada paspor. Jika paspor dikirimkan melalui pos, sertakan pula SPECIAL DELIVERY ENVELOPE kosong yang telah ditulis alamat lengkap anda untuk pengiriman kembali Paspor setelah selesai diproses.

Untuk Lapor Diri dengan datang langsung ke KBRI Riyadh atau KJRI Jeddah, silahkan membawa paspor dan pas foto 4X6 sebanyak 1 (satu) buah

PERHATIAN: Jika terdapat perubahan data Anda di Arab Saudi, seperti data alamat atau pekerjaan, dan jika akan meninggalkan Arab Saudi untuk seterusnya, harap menghubungi Bidang Konsuler KBRI Riyadh atau KJRI Jeddah guna pembaruan data.
 (TTG, 28/06)

BNI Saudi Arabia

BACA JUGA

Berapa Batas Maksimal Kirim Uang?
14 Mar 2018 02:41 WIB | Abu Rayyan | dibaca 147 kali
Berapa Batas Maksimal Kirim Uang?
Jenis-jenis Pelanggaran Keimigrasian di Arab Saudi
01 Nov 2017 03:17 WIB | Abu Rayyan | dibaca 105 kali
Jenis-jenis Pelanggaran Keimigrasian di Arab Saudi
Dilarang Mengirimkan Barang-barang Ini Melalui Kargo
05 Jul 2017 05:27 WIB | Abu Rayyan | dibaca 50 kali
Dilarang Mengirimkan Barang-barang Ini Melalui Kargo
Paspor & SPLP
14 Sep 2016 11:50 WIB | Abu Rayyan | dibaca 100 kali
Paspor & SPLP