KJRI Jeddah Bantu Pulangkan PMI Asal Bandung yang Stroke

Seputar TKI - Posted by: Iyad Wirayuda | 13 Feb 2020 02:12 WIB | 1829
KJRI Jeddah Bantu Pulangkan PMI Asal Bandung yang Stroke
Petugas Bandara (kiri) Rabiul (tengah) Irwan (kanan) - Photo : LBMIKSA

Jeddah, LiputanBMI - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah membantu memulangkan seorang Pekerja iIgran Indonesia (PMI) bernama Iim Nur Daniswati (37) yang mengalami sakit struk.

PMI asal Dusun Sukarame, Desa Mekarmaju, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat itu dipulangkan pukul 02:00 dini hari menggunakan maskapai penerbangan Saudi Airlines SV 0818 dengan didampingi satu orang staf KJRI Jeddah bernama Rabiul.

Iim Nur Daniswati merupakan PMI overstayer yang sudah 16 tahun bekerja di kota Jeddah. Dua minggu lalu ibu dua anak itu mengalami sakit di kepala hingga mengalami stroke ringan.

Ketua DPWLN BMI-SA Jeddah, Marwan MD mengaku dimintai bantuan oleh pihak keluarga Iim yang ada di Jeddah pada 6 Februari 2020. Iim kemudian dirawat di rumah anggota BMI-SA sambil menunggu proses kepulangan.

"Alhamdulillah proses kepulangan Iim berjalan dengan lancar. Kita juga berterima kasih kepada staf KJRI Jeddah yang responsip dan kooperatif dalam menangani PMI yang bermasalah," ujarnya.

Lebih lanjut, Marwan MD mengimbau PMI overstayer yang sakit agar secepatnya pulang melalui Tarhil Sumayshi. Menurutnya, proses kepulangan akan sangat susah jika PMI sudah sakit parah, apalagi peraturan di Saudi semakin ketat.

"Ini sebagai pengingat saja bahwa PMI yang sakit harus segera pulang sebelum kondisinya memburuk. PMI overstayer juga perlu menyisihkan sedikit gajinya untuk ditabung, karena biaya rumah sakit itu tidak murah," pungkasnya.
(IYD/IYD, 13/02)

BACA JUGA

Seorang PMI Arab Saudi Meninggal di Pesawat, Begini Penjelasan KBRI Riyadh
16 Jun 2020 01:54 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 7289 kali
Seorang PMI Arab Saudi Meninggal di Pesawat, Begini Penjelasan KBRI Riyadh