KDEI Bagi-Bagi Masker Kepada Pekerja Migran Indonesia di Taiwan

Seputar TKI - Posted by: Hani Tw | 03 Feb 2020 10:02 WIB | 1416
KDEI Bagi-Bagi Masker Kepada Pekerja Migran Indonesia di Taiwan
KDEI Bagi-Bagi Masker Kepada Pekerja Migran Indonesia di Taiwan - Photo : Fb. Tantri

Keelung, LiputanBMI - Kepedulian Pemerintah Indonesia melalui perwakilannya Kantor Dagang Dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan terhadap penyebaran wabah virus Corona diwujudkan dengan membagikan masker secara cuma-cuma.

Dengan merebaknya virus Corona, banyak PMI yang kesulitan mendapatkan masker dikarenakan terbatasnya stok di toko-toko retail maupun apotik di seluruh Taiwan, sehingga meskipun mereka sudah antri namun banyak yang tidak kebagian.

Sebagaimana dijelaskan Tantri, salah satu aktifis PMI di Taiwan kepada koresponden LiputanBMI pada Senin, 3 Februari 2020.

Menurut Tantri, sementara ini KDEI Taipei memprioritaskan pembagian masker kepada sejumlah Anak Buah Kapal (ABK) yang berada di lokasi pelabuhan-pelabuhan ikan.

"Saat ini, karena jumlah pengiriman masker juga terbatas, yang diutamakan dulu adalah ABK. Setiap orang mendapatkan satu bungkus masker yang isinya tiga buah, "jelas Tantri yang juga mengikuti acara pembagian masker.

Untuk PMI sektor pabrik maupun penjaga lansia, lanjut Tantri, mereka mayoritas masih bisa mendapatkan masker baik itu dengan membeli sendiri maupun disediakan oleh majikan.

Sementara itu, untuk ABK yang kesehariannya berlayar ditambahi dengan keadaan lingkungan yang kurang bagus, tidak memungkinkan mereka untuk bisa mendapatkan apalagi membeli masker sewaktu-waktu.

Pembagian masker secara simbolis diadakan di mushola pelabuhan ikan Patoco dan Sen'ao, Kota Keelung dengan dihadiri oleh perwakilan dari KDEI Taipei diantaranya Uta, Lili, dan Herwa serta beberapa ABK dari wilayah Keelung dan sekitarnya.

Rencananya, pembagian masker akan dilakukan secara berkala disesuaikan dengan kebutuhan dan stok yang tersedia.
(HNI/IYD, 03/02)

BACA JUGA

Ketua TIWER Taiwan Himbau Majikan dan Pasien untuk Stop Rekrut PMI
19 Sep 2020 11:20 WIB | Hani Tw | dibaca 156 kali
Ketua TIWER Taiwan Himbau Majikan dan Pasien untuk Stop Rekrut PMI
TETO Umumkan Perubahan Jadwal Pengajuan dan Pengambilan Visa PMI
16 Sep 2020 09:46 WIB | Hani Tw | dibaca 206 kali
TETO Umumkan Perubahan Jadwal Pengajuan dan Pengambilan Visa PMI