Western Union Indonesia WU

Inilah Nama-Nama Pemenang Lomba Esai KDEI Taipei Tahun 2019

Info Penting - Posted by: Hani Tw | 07 Oct 2019 04:25 WIB | 838
Inilah Nama-Nama Pemenang Lomba Esai KDEI Taipei Tahun 2019
Pemenang lomba penulisan esai yang diselenggarakan KDEI Taipei Th. 2019 - Photo : Etik Nurhalimah

Taipei, LiputanBMI - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei melaksanakan penyerahan hadiah kepada enam pemenang Lomba Esai KDEI Taipei 2019 di Taipei Word Trade Center pada Minggu, 6 Oktober 2019.

Lomba menulis esai diselenggarakan pertama kali oleh KDEI Taipei dengan tema memaknai Kepentingan Indonesia di Taiwan seperti peluang dan tantangan dalam meningkatkan ekonomi, perlindungan WNI (PWNI) dan pendidikan. Peserta lomba dibagi dalam dua kategori yaitu mahasiswa dan kategori umum yang terdiri dari pekerja migran.

Sebagaimana dijelaskan Etik Nurhalimah kepada LiputanBMI (7/10/2019), ia yang juga merupakan salah satu finalis kategori umum dari pekerja migran Indonesia (PMI) menulis dengan tema pendidikan.

Menurutnya, ia mengikuti lomba esai ini selain menyalurkan hobby menulis juga karena berawal dari pengalaman pribadi yang ia tuangkan melalui karya tulis.

Etik adalah PMI dari Lampung, yang bekerja sebagai perawat pasien di New Taipei City, ia memanfaatkan waktunya selama di Taiwan untuk melanjutkan pendidikan meskipun secara sembunyi-sembunyi.

“Berawal dari menjalani pendidikan selama empat tahun yang nyaris kucing-kucingan, saya menyuarakan isi hati dengan harapan tidak ada lagi pekerja migran yang harus sembunyi-sembunyi saat melanjutkan pendidikan. Baik di paket kesetaraan ataupun jenjang perkuliahan, “ungkap Etik yang nama akun facebooknya Etty Diallova.

Selain itu, menurut Etik, memanfaatkan waktu libur dengan mengikuti kegiatan positif yang sekarang ini sudah banyak diselenggarakan di Taiwan, nantinya ilmu yang didapatkan bisa digunakan sebagai bekal jika sudah di Indonesia.

“Untuk semua rekan-rekan PMI yang memiliki hak libur, gunakan waktu luangmu untuk hal-hal yang bermanfaat. Seperti mengikuti kursus, pelatihan, atau program yang diadakan KDEI. Karena ilmu yang kita dapatkan bisa kita gunakan kelak setelah kita kembali ke tanah air, “pungkasnya.

Berikut daftar pemenang dari masing-masing kategori:

Kategori Mahasiswa
Juara 1: Abu Bakar tema Pendidikan
Juara 2: Yuherina Gusman tema PWNI
Juara 3: Triyono Indrasiswi K. tema Pendidikan

Kategori Umum
Juara 1: Petronella Melitha tema PWNI
Juara 2: Etik Nurhalimah tema Pendidikan
Juara 3: Bagus Anggi Satriyo tema PWNI
(HNI/YLA, 07/10)

BACA JUGA

Klarifikasi Kementerian Tenaga Kerja Taiwan Terkait Pelegalan Biaya Job
17 Oct 2019 11:50 WIB | Hani Tw | dibaca 2447 kali
Klarifikasi Kementerian Tenaga Kerja Taiwan Terkait Pelegalan Biaya Job