Western Union Indonesia WU

Polisi Taiwan Tangkap Enam PMI Overstayer yang Sembunyi di Dalam Sumur

Seputar TKI - Posted by: Hani Tw | 19 Jan 2019 09:45 WIB | 3780
Polisi Taiwan Tangkap Enam PMI Overstayer yang Sembunyi di Dalam Sumur
Sumur tempat persembunyian pekerja migran ilegal - Photo : Ettoday.net

Taipei, LiputanBMI - Anggota kepolisian Qingpu, Zhongli Distrik, Taoyuan tanpa sengaja berhasil menangkap enam pekerja migran Indonesia (PMI) overstay dalam persembunyiannya di dalam sumur penampungan air di sebuah bangunan daerah Qingfong, Zhongli (18/1/2019).

Sebagaimana dilansir media ettoday Sabtu (19/1) , seorang anggota polisi Qingpu Wang Zhe Hong (王志宏) mengungkapkan, ia bersama satu orang anggota polisi yang masih praktek Xu Sheng Ping(徐聖評) sedang patroli melewati sebuah bangunan di daerah Qingfong, Zhongli pada Jumat (18/1) pagi.

Tanpa sengaja mereka berpapasan dengan orang asing yang berjaket merah. Melihat mobil polisi lewat, orang tersebut gugup dan berusaha melarikan diri. Kedua polisi tersebut merasa ada yang mencurigakan, kemudian mengikutinya. Saat memasuki sebuah bangunan orang berjaket merah itu menghilang.

Semakin merasa curiga, mereka kemudian memasuki bangunan menuju lantai tiga bawah tanah. Mereka menemukan orang berjaket merah bersama satu teman lainnya bersembunyi pada rakitan kawat pondasi bangunan yang tergenang air.

Saat itu juga mereka meminta bantuan tim kepolisian dari Zhongli untuk segera datang ke TKP. Selain cuaca dingin disertai hujan yang berturut-turut menyebabkan rakitan kawat pondasi bawah tanah terendam air. Kedua pekerja overstayer tidak kuasa menahan dinginnya air kemudian keluar dari persembunyiannya. Tanpa basa basi mereka menyerahkan diri.

Dengan dibantu tim kepolisian dari Zhongli, di tempat terpisah mereka berhasil menemukan sebuah sumur yang digunakan sebagai tempat penampungan air. Ternyata di dalamnya ada empat orang yang sedang bersembunyi.

Mengetahui polisi datang, juga karena cuaca dingin, air sumur pun terasa dingin, ke empat pekerja overtstayer tersebut satu persatu naik ke atas dan menurut ketika polisi menangkapnya.

Setelah diketahui identitasnya, ternyata ke enam orang tersebut adalah pekerja migran asal Indonesia yang statusnya overstayer. Saat ini mereka sudah diserahkan kepada imigrasi tim khusus untuk mengurus kepulangannya.

Sementara itu, salah seorang warga Taiwan bermarga Lin (44th) yang diduga sebagai majikan juga diamankan untuk ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

(HNI/IYD, 19/01)

BACA JUGA

Horeee... Awal Tahun Depan Gaji di Taiwan Naik Lagi
14 Aug 2019 08:15 WIB | Hani Tw | dibaca 1330 kali
Horeee... Awal Tahun Depan Gaji di Taiwan Naik Lagi
Pemadaman Air di Kota Taichung Hingga 46 Jam Lamanya
13 Aug 2019 08:54 WIB | Hani Tw | dibaca 1218 kali
Pemadaman Air di Kota Taichung Hingga 46 Jam Lamanya
Serikat Pekerja di Taiwan Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar 5%
12 Aug 2019 11:29 WIB | Hani Tw | dibaca 4128 kali
Serikat Pekerja di Taiwan Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar 5%