Western Union Indonesia WU

Pekerja Migran di Taiwan yang Terbukti Sakit TBC , Izin Kerjanya Bisa Dicabut

Seputar TKI - Posted by: Hani Tw | 18 Jan 2019 12:41 WIB | 1452
Pekerja Migran di Taiwan yang Terbukti Sakit TBC , Izin Kerjanya Bisa Dicabut
Pekerja migran di Taiwan jika terkena penyakit TBC akan dicabut ijin kerjanya - Photo : Internet

Taipei, LiputanBMI - Pekerja migran di Taiwan apabila diketahui dan telah terbukti positif terjangkit penyakit paru-paru basah (TBC), bukan hanya diharuskan pulang ke negara asal akan tetapi izin kerjanya bisa dicabut atau kena blacklist.

Seperti dikutip oleh situs resmi imigrai Taiwan, beberapa hal yang menyebabkan pencabutan izin kerja bagi pekerja migran yang terkena TBC yaitu majikan tidak mengirimkan laporan hasil diagnosa dan dokumen lainnya ke Biro Kesehatan.

Dokumen yang dimaksudkan adalah sertifikat hasil diagnosa dari dokter, surat persetujuan dari majikan yang menyatakan bahwa pekerja migran boleh melakukan pengobatan, serta surat persetujuan dari pekerja migran yang menyatakan kesanggupannya untuk mendapatkan pengobatan sesuai waktu yang akan diatur oleh biro kesehatan.

Jika berkas dan dokumen tersebut tidak dikirim ke biro kesehatan maka biro kesehatan melalui depnaker akan mencabut izin kerja dan pekerja migran harus pulang ke negara asal untuk melanjutkan pengobatan serta perawatan lanjutan sampai benar-benar sembuh.

Adapun masa penyembuhan penyakit TBC diperkirakan membutuhkan waktu pengobatan dan perawatan sekitar 6 ~ 9 bulan.

Pernyataan sembuh dari sakit TBC adalah berupa surat bukti hasil pemeriksaan yang dikeluarkan oleh Otoritas Kesehatan Nasional yang telah ditetapkan di negara asal atau bisa juga hasil dari catatan medis rumah sakit seperti nama obat-obatan yang dikonsumsi, lamanya masa perawatan, hasil dari pemeriksaan rontgen dada serta hasil pemeriksaan dahak.

Apabila pekerja migran ingin kembali lagi bekerja ke Taiwan, semua berkas dan surat bukti bahwa penyakit TBC sudah sembuh juga dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan permohonan pengajuan visa kerja ke Taiwan.

Hasil verifikasi akan dikirim ke Departemen Imigrasi Kementerian Dalam Negeri Taiwan untuk melakukan penghapusan masa blacklist. Selanjutnya, jika memenuhi persyaratan dan lolos maka pekerja migran bisa mengajukan permohonan visa untuk bisa bekerja kembali ke Taiwan.
(HNI/IYD, 18/01)

BACA JUGA

Gempa Berkekuatan 6.1SR Guncang Kota Hualien, Taiwan
18 Apr 2019 03:16 WIB | Hani Tw | dibaca 458 kali
Gempa Berkekuatan 6.1SR Guncang Kota Hualien, Taiwan
Antar ke Rumah Majikan, Oknum Agen di Taiwan Diduga Perkosa PMI
17 Apr 2019 04:04 WIB | Hani Tw | dibaca 4445 kali
Antar ke Rumah Majikan, Oknum Agen di Taiwan Diduga Perkosa PMI
Polisi Taiwan Gerebek Diskotik, 64 WNI Overstayer Tertangkap
17 Apr 2019 08:13 WIB | Hani Tw | dibaca 1549 kali
Polisi Taiwan Gerebek Diskotik, 64 WNI Overstayer Tertangkap