Western Union Indonesia WU

Imigrasi Taiwan Gelar Perayaan Mooncake Festival Bersama TKA

Seputar TKI - Posted by: Hani Tw | 20 Sep 2018 05:48 WIB | 936
Imigrasi Taiwan Gelar Perayaan Mooncake Festival Bersama TKA
foto bersama petugas imigrasi Kaoshiung dengan pekerja asala Indonesia - Photo : website Imigrasi

Taipei, LiputanBMI - Sebanyak 26 Departemen Imigrasi yang tersebar di seluruh Taiwan menggelar Perayaan Mooncake Festival bersama Tenaga Kerja Asing (TKA) di berbagai lokasi yang sering digunakan tempat berkumpulnya para TKA mulai tanggal 8 ~23 September 2018.

Jumlah TKA yang bekerja di Taiwan sampai bulan September 2018 sudah hampir mencapai 700.000 orang. Untuk menghargai jasa mereka terhadap perkembangan perekonomian di Taiwan, Departemen Imigrasi sengaja mengadakan tambahan acara kegiatan dalam menyambut Perayaan Mooncake Festival dengan membagikan buah jeruk, kue bulan. Selain itu juga ada acara penyuluhan serta hiburan menarik lainnya.

Seperti di Hualien, acara di selenggarakan di Masjid Hualien, diawali makan bersama, kemudian dilanjut acara penyuluhan, serta dialog bersama para pekerja yang kebetulan berasal dari Indonesia, Minggu (16/9/2018). Selain itu juga diadakan acara pertandingan bola basket yang diperkirakan akan berlangsung pada hari Minggu (30/9) mendatang.

Sementara itu di Kaohsiung, petugas imigrasi mendatangi para pekerja perawat pasien yang sedang membawa pasien di taman Ao Ce Ti, Kaohsiung. Mereka membagikan buah jeruk dan kue bulan kepada para pekerja yang sedang berada di sana. Dalam kesempatan tersebut, kebetulan yang ada adalah PMI, mereka bersama-sama menyanyikan lagu Sayonara sebagai penutupan acara dan salam perpisahan kepada petugas imigrasi.

Lain halnya saat mengadakan acara dengan ABK di Pelabuhan Cheng Gong, Taitung County, petugas imigrasi selain membagi-bagikan buah jeruk dan kue bulan, juga mengadakan penyuluhan. Petugas imigrasi mengatakan bahwa selama ini banyak keluhan yang disampaikan oleh ABK terkait masalah lingkungan tempatnya bekerja yang tidak layak, jam istirahat kurang, gaji tidak stabil juga pelayanan agen yang kurang memuaskan.

Dengan adanya kegiatan Perayaan Mooncake Festival, semua yang hadir bisa merasakan kehangatan dan lebih merasa diperhatikan. Terakhir, mereka juga berpesan kapada majikan dan pengusaha supaya lebih memperhatikan pekerjanya.
(HNI/IYD, 20/09)

BACA JUGA

ABK Yang Bunuh Teman Di Kapal Divonis 13 Tahun Penjara
13 Jul 2019 11:46 WIB | Hani Tw | dibaca 1657 kali
ABK Yang Bunuh Teman Di Kapal Divonis 13 Tahun Penjara
Inilah Kedua PMI Yang Mendapatkan Visa Perdana Program G to G ke Taiwan
12 Jul 2019 09:55 WIB | Hani Tw | dibaca 1392 kali
Inilah Kedua PMI Yang Mendapatkan Visa Perdana Program G to G ke Taiwan