Western Union Indonesia WU

The Mandala's Band Group Musik PMI di Taiwan

Sosok - Posted by: Hani Tw | 14 Sep 2018 09:29 WIB | 925
The Mandala's Band Group Musik PMI di Taiwan
The Mandala's Band saat menghibur para PMI dengan baju batiknya - Photo : Facebook Wajah Pribumi

Taipei, LiputanBMI - The Mandala's Band adalah sebuah nama group musik di Taiwan yang personilnya terdiri dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di sektor formal. Group band tersebut di prakarsai oleh Mandala, PMI asal Banten.

Bagi PMI di Taiwan nama group musik tersebut sudah tidak asing lagi, karena sudah sering tampil mengisi acara panggung hiburan yang diselenggarakan di Taiwan. Bahkan pernah manggung bersama dengan artis penyanyi Taiwan beberapa waktu lalu, juga mengisi acara kegiatan yang diselenggarakan departemen kebudayaan Taiwan.

Yang menarik dari group The Mandala's Band adalah pada setiap penampilannya masing-masing personilnya memakai kostum batik.

"Dengan memakai batik selain kita bisa tampil beda dengan group band yang ada sekarang, juga bisa mempromosikan produksi batik Indonesia yang sudah terkenal di manca negara termasuk Taiwan," jelas Mandala, vokalis The Mandala's Band kepada LiputanBMI, Jum'at (14/9/2018).

"Sedangkan nama Mandala sendiri diambil dari salah satu nama sebuah kampung yang terletak di daerah Banten," ujarnya.

The Mandala's Band dibentuk pada bulan September 2017. Lagu pertama yang dirilisnya diberi judul "LARAKU", sebuah lagu yang mengisahkan tentang kehidupan seorang Anak Buah Kapal (ABK), almarhum Supriyanto yang menjadi korban kekerasaan dan penganiayaan oleh majikan saat dalam pelayaran menangkap ikan yang akhrinya menyebabkan ia meninggal dunia.

Untuk memperingati ulang tahun pertamanya, The Mandala's Band telah melakukan rekaman lagu berjudul TMS (Taipei Main Station) yang diciptakan sendiri oleh vokalis Mandala.

Lagu yang menceritakan tentang rasa syukur para PMI bisa dipertemukan dengan teman, saudara untuk menghabiskan masa liburan juga bentuk terimakasih kepada pemerintah Taiwan yang tidak melarang PMI menjadikan TMS sebagai tempat berkumpul di hari libur.

Personil dari Mandala's Band antara lain Mandala (nama akun facebooknya Wajah Pribumi) sebagai vocalis, Uno (drum), Aji laros dan Wen Lee (bass), Rohman dan Udhy (gitar), Hendra dan ubi jalar (Chang Cia Yen) di keyboard).
Lihat videonya di sini.
(HNI/IYD, 14/09)

BACA JUGA

Apes, Akibat Ubike Hilang PMI Ini Bayar Ganti Rugi NTD 12.000
16 Feb 2019 02:10 WIB | Hani Tw | dibaca 180 kali
Apes, Akibat Ubike Hilang PMI Ini Bayar Ganti Rugi NTD 12.000
Akibat Terlambat Masuk Asrama, PMI Taiwan Terkena Sanksi
09 Feb 2019 10:12 WIB | Hani Tw | dibaca 1217 kali
Akibat Terlambat Masuk Asrama, PMI Taiwan Terkena Sanksi
Jual Petasan di Taiwan, Pekerja Migran Asal Vietnam Didenda
04 Feb 2019 10:15 WIB | Hani Tw | dibaca 204 kali
Jual Petasan di Taiwan, Pekerja Migran Asal Vietnam Didenda
Lee A Ming Fotografer Taiwan, Bahagianya Makan Pakai Tangan Bersama ABK
04 Feb 2019 06:23 WIB | Hani Tw | dibaca 470 kali
Lee A Ming Fotografer Taiwan, Bahagianya Makan Pakai Tangan Bersama ABK