Mudik Bareng BRI

Tingkatkan Pelayanan Jemaah Haji, Konjen RI Jeddah Lakukan Pembicaraan dengan Imigrasi Madinah

Haji - Posted by: Abu Rayyan | 03 Mar 2018 01:39 WIB | 450
Tingkatkan Pelayanan Jemaah Haji, Konjen RI Jeddah Lakukan Pembicaraan dengan Imigrasi Madinah
Konjen Hery Saripudin memimpin kunjungan ke Kantor Direktorat Imigrasi Wilayah Madinah Al Munawwaroh - Photo : KJRI/LBMI

Jeddah, LiputanBMI - Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, melakukan pembicaraan sejumlah agenda dengan Kepala Imigrasi/jawazat Provinsi Madinah Al-Munawwarah, Dr. Khalid Muhammad Al Huwayshi.

Pertemuan yang berlangsung di kantor wilayah imigrasi/jawazat Madinah, Rabu 28 Februari 2018 bertujuan menjajaki kerja sama untuk meningkatkan pelayanan keimigrasian bagi para jemaah haji Indonesia (JHI).

KJRI Jeddah dalam pertemuan tersebut mengusulkan tiga opsi untuk meningkatkan pelayanan keimigrasian kepada jemaah haji Indonesia, yaitu pengambilan biometrik jemaah dengan mobile unit oleh pejabat/petugas Imigrasi Arab Saudi di Indonesia sebelum keberangkatan, atau melakukan integrasi biometrik data antar kesisteman Imigrasi Saudi Arabia dan Indonesia, atau opsi ketiga melakukan sosialisasi oleh pejabat Imigrasi Arab Saudi bagi Jemaah di Indonesia (ket: Embarkasi Haji) mengenai teknik penerapan sidik jari yang mudah saat pemeriksaan keimigrasian baik kedatangan maupun kepulangan dari Saudi Arabia.

“Dengan mengintegrasikan kesisteman data biometrik Jemaah dengan sistem yang ada di imigrasi Saudi, kami dapat manfaatkannya sekaligus untuk verifikasi dini jejak rekam jemaah yang sebelumnya pernah tinggal di Arab Saudi, dan memudahkan proses pemeriksaan Keimigrasian jemaah baik saat kedatangan maupun pemulangan pada musim haji,” ucap Konjen dalam pertemuan itu.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada jemaah dari segala usia, KJRI Jeddah menyampaikan masukan kepada pihak imigrasi Madinah agar disediakan konter pelayanan khusus bagi jemaah haji usia lanjut saat pemeriksaan keimigrasian.

“Kami juga menyampaikan permintaan kepada pejabat imigrasi Madinah update berkesinambungan peraturan keimigrasian terbaru yang dapat disosialisasikan kepada WNI yang tinggal di wilayah kerja KJRI Jeddah,” imbuh Konjen.

Merespons usulan tersebut, Mayor Jenderal Dr. Khalid Muhammad Al Huwayshi secara prinsip menyambut baik kemungkinan mengintegrasikan kesisteman biometrik jemaah yang telah terdata di sistem Indonesia, dan akan menyampaikan secara resmi kepada Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi.

“Kami segera melakukan rapat dengan instansi terkait di Bandara Internasional Madinah,” ujarnya.

Namun demikian, ungkap Khalid, untuk sementara yang kemungkinan menjadi kendala adalah jumlah haji Indonesia yang sangat tinggi, yakni mencapai 221 ribu orang.

“Berbeda dengan penerapan sebelumnya tahun 2017 yang diujicobakan bagi negara Malaysia yang hanya berjumlah 3 (tiga) kloter. Lancar dan cepat saat pemeriksaan keimigrasiannya di sini (Arab Saudi),” sambungnya.

Ikut serta dalam pertemuan tersebut Pelaksana Fungsi Konsuler-2 merangkap Kepala Kanselerai Rahmat Aming, Pelaksana Fungsi Konsuler-4 merangkap Kepala Protokol KJRI Jeddah Faiz Ahmad Nugroho, Staf Teknis Imigrasi I, Ismoyo dan Staf Teknis Urusan Haji Ahmad Dumyathi Bashori. Sementara Kepala Imigrasi/Jawazat Kantor Wilayah Madinah didampingi sekretarisnya Kolonel (Akid) Hisyam Al Juhaeni.

Konjen RI Jeddah menyampaikan apresiasi kepada Imigrasi/Jawazat Kantor Wilayah Imigrasi/Jawazat Provinsi Madinah Al Munawaroh yang telah memberikan dukungan sangat baik dari aspek keimigrasian dalam penyelesaian permasalahan WNI di wilayah Madinah dan layanan jemaah haji dan umrah secara reguler.

KJRI Jeddah, demikian Konjen, berkomitmen untuk melakukan komunikasi dan mempererat kerja sama dengan pihak berwenang Arab Saudi dalam rangka meningkatkan pelayanan dan perlindungan bagi WNI, baik yang bermukim maupun yang datang ke Arab Saudi dalam rangka ibadah umrah atau haji.
(TTG/TTG, 03/03)

BNI Saudi Arabia

BACA JUGA

Rupiah Hampir 4000 per Riyal, Ini Berkah?
04 Sep 2018 05:57 WIB | Abu Rayyan | dibaca 3432 kali
Rupiah Hampir 4000 per Riyal, Ini Berkah?
PSSTKI Salurkan Bantuan Kepada 3 Anggotanya yang Terdampak Gempa Lombok
04 Sep 2018 05:04 WIB | Abu Rayyan | dibaca 385 kali
PSSTKI Salurkan Bantuan Kepada 3 Anggotanya yang Terdampak Gempa Lombok
Tim BRI Juara I Lomba Futsal di KBRI Riyadh
11 Aug 2018 11:40 WIB | Abu Rayyan | dibaca 254 kali
Tim BRI Juara I Lomba Futsal di KBRI Riyadh
Cek via SMS, Pastikan Anda Terdaftar Sebagai Peserta Pemilu 2019
26 May 2018 08:50 WIB | Abu Rayyan | dibaca 1248 kali
Cek via SMS, Pastikan Anda Terdaftar Sebagai Peserta Pemilu 2019
Dubes Agus Maftuh Kunjungi WNI di Najran Perbatasan Saudi-Yaman
20 Apr 2018 11:36 WIB | Abu Rayyan | dibaca 773 kali
Dubes Agus Maftuh Kunjungi WNI di Najran Perbatasan Saudi-Yaman