Mudik Bareng BRI

Berbagi Kiat Sehat, dr. Chan Imbau BMI Hong Kong Kontrol Sirkulasi Udara di Rumah

Kesehatan - Posted by: Wijiati Supari | 02 Feb 2018 11:24 WIB | 775
Berbagi Kiat Sehat, dr. Chan  Imbau BMI Hong Kong Kontrol Sirkulasi Udara di Rumah
dr. Chan Chun Tin menjawab pertanyaan peserta seminar - Photo : LBMI

Hongkong, LiputanBMI - Virus influenza yang sekarang sedang melanda dunia semakin ganas. Di Hong Kong, sudah banyak yang meninggal akibat terjangkit virus tersebut.

Hal ini disampaikan oleh dr. Chan Chun Tin dalam seminar kesehatan dengan tema “Berbagi Kiat Menjadi Wanita Sehat" yang digelar oleh Dharma Wanita KJRI Hong Kong di Admiralty pada Minggu (28/01/2018).

"Influenza adalah virus hebat. Tahun ini banyak sekali yang terkena influenza, kalau ada kesempatan suntik vaksin karena tahun ini virusnya sangat ganas," tutur dr. Chan.

Untuk menjaga supaya tidak sampai terkena virus tersebut, ia menyarankan agar BMI selain melakukan suntik vaksin adalah menjaga kesehatan, dan mengontrol sirkulasi udara di rumah tetap dalam kondisi baik.

"Menjaga sirkulasi udara dalam rumah sangat penting. Biarkan terkena sinar matahari, kalau dingin harus memakai baju yang cukup. Istirahat harus cukup, serta menghindari pergi ke tempat yang banyak dikunjungi orang, dan jangan terlalu dekat dengan penjual ayam hidup di pasar,” pesannya.

Dokter asli Indonesia yang telah puluhan tahun tinggal dan menjadi salah satu tokoh nasional di Hong Kong ini selain memberikan pesan di atas juga menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengikuti pola hidup sehat.

Lebih lanjut, dr. Chan di hadapan ratusan BMI juga membahas tentang keluhan pada saat wanita mengalami mentruasi, tentang keputihan, penyakit kanker, darah tinggi, kolesterol, dan asam urat, diabetes, serta menopouse.

"Untuk menstruasi, tidak perlu khawatir ketika seorang wanita mengalami tidak enak badan, seperti sakit perut, mencret ataupun pusing. Itu sudah biasa," tuturnya.

Terkait penyakit kanker, lanjutnya, dr. Chan menyarankan BMI agar segera memeriksakan diri apabila menemukan kejanggalan dalam tubuh. Salah satunya apabila merasa curiga ada gejala penyakit kanker. Karena menurutnya, tidak ada yang lebih penting dari kesehatan.

Masih dalam kesempatan yang sama, hal yang tak kalah penting menurut dr. Chan, adalah mewaspadai penyakit darah tinggi.

"Hal ini biasanya sering dianggap remeh oleh BMI, tensi darah di atas 190, tetapi tidak merasakan pusing dan tidak sakit itu perlu diwaspadai. Ini yang lebih berbahaya, segera pergi ke dokter dan dikasih obat. Dan harus minum terus jangan berhenti, kalau berhenti bahaya," tutur dr. Chan.

"Ingat, jangan sembarang minum obat di toko obat, dan jangan sembarangan menerima obat yang diberikan majikan, kalau ada sakit segera pergi ke dokter," pungkasnya.

(WSP/IYD, 02/02)

BNI Saudi Arabia

BACA JUGA

Rayakan Idul Fitri, KJRI Hong Kong Imbau WNI Patuhi Aturan
14 Jun 2018 12:06 WIB | Wijiati Supari | dibaca 163 kali
Rayakan Idul Fitri, KJRI Hong Kong Imbau WNI Patuhi Aturan
Warisi Jiwa Seni Orang Tua, PMI Asal Ngawi Ini Lestarikan Seni dan Budaya di Hong Kong
10 Jun 2018 11:48 WIB | Wijiati Supari | dibaca 589 kali
Warisi Jiwa Seni Orang Tua, PMI Asal Ngawi Ini Lestarikan Seni dan Budaya di Hong Kong
Umat Hindu di Hong Kong Rayakan Kemenangan di Hari Raya Galungan
05 Jun 2018 11:48 WIB | Wijiati Supari | dibaca 269 kali
Umat Hindu di Hong Kong Rayakan Kemenangan di Hari Raya Galungan
 Ribuan BMI di Hong Kong Ikuti Pawai Sambut Ramadan 1439 H
08 May 2018 12:37 WIB | Wijiati Supari | dibaca 267 kali
Ribuan BMI di Hong Kong Ikuti Pawai Sambut Ramadan 1439 H
KJRI Buka Pendaftaran Calon PASKIBRA 2018 untuk BMI di Hong Kong
13 Apr 2018 12:20 WIB | Wijiati Supari | dibaca 858 kali
KJRI Buka Pendaftaran Calon PASKIBRA 2018 untuk BMI di Hong Kong