Mudik Bareng BRI

Aturan Baru Ditetapkan Oleh Departemen Tenaga Kerja Hong Kong Terkait Cara Membersihkan Jendela Luar

Info Penting - Posted by: Yully Agyl | 04 Nov 2016 04:21 WIB | 6070
Aturan Baru Ditetapkan Oleh Departemen Tenaga Kerja Hong Kong Terkait Cara Membersihkan Jendela Luar
Kegiatan membersihkan jendela luar gedung bertingkat tinggi yang membahayakan. - Photo : Fb

Hongkong, LiputanBMI - Departemen Tenaga Kerja Hong Kong telah menetapkan aturan baru untuk mencegah kecelakaan pembantu rumah tangga disaat membersihkan jendela luar pada bangunan bertingkat tinggi.

Aturan baru tersebut meliputi: jendela yang dibersihkan harus berteralis, ada orang yang mengawasi ketika pembantu membersihkan bagian luar jendela, dan tidak ada bagian tubuh kecuali lengan yang berada di luar jendela, demikian sebagaimana dilansir Ming Pao Daily Hong Kong, Kamis (3/11).

Pejabat Departemen Tenaga Kerja menjelaskan aturan baru tersebut dalam pertemuan dengan perwakilan dari agen tenaga kerja dan serikat pekerja pada hari Rabu (2/11).

Pengaturan baru merupakan hasil dari pertemuan antara pihak terkait setelah pemerintah Filipina berusaha untuk melarang membersihkan jendela bagi pekerja Filipina.

Serikat yang mewakili pembantu rumah tangga menyambut langkah-langkah baru tersebut, tetapi juga menyuarakan keprihatinan bahwa aturan baru tidak tertera di kontrak kerja lama.

Agen tenaga kerja mengatakan, sangat berlebihan untuk meminta orang mengawasi pembantu saat membersihkan jendela, sulit untuk memantau jika kondisi tersebut terpenuhi.

Leo Tang Kin-wah, direktur dari Asian Home Workers Union mengatakan, langkah-langkah baru akan menjadi bagian dari persyaratan yang ditetapkan pada standar kontrak kerja bagi pekerja rumah tangga di waktu depan.

Tang mengatakan langkah-langkah baru hanya efektif dalam kontrak baru atau diperbaharui, yang berarti bahwa lebih dari 300,00 pembantu rumah tangga yang dipekerjakan di bawah kontrak lama tidak akan dilindungi pada peraturan baru tersebut.

Tang juga khawatir akan ada pelanggaran dari sisi majikan. Saat ini, jika pembantu menyampaikan keluhan, departemen tenaga kerja hanya akan memberitahu majikan untuk memperbaiki situasi dengan melakukan perbaikan.

Serikat berharap hukuman seperti denda bisa diterapkan untuk memberi efek jera.

Leung Hing-ki, ketua Hong Kong TKI Association Ltd, yang merupakan agen tenaga kerja, mempertanyakan fungsi dari orang yang mengawasi jika teralis jendela sudah terpasang.

Dalam hal penerapan, Leung yakin semua pembantu rumah tangga akan lebih terlindungi oleh langkah-langkah baru dalam dua tahun ke depan karena mereka memperbaharui kontrak kerja mereka.

Eman Villanueva, juru bicara Badan Koordinasi Migrants Asia mengatakan, kebanyakan majikan tidak akan menempatkan pembantu rumah tangga mereka dalam lingkungan yang berbahaya di tempat kerja, dan bahwa kecelakaan masih bisa berlangsung bahkan di hadapan seorang supervisor.

Villanueva menyarankan, pembantu rumah tangga harus menjalani pelatihan yang lebih baik sebelum datang ke Hong Kong untuk membantu mereka mengatasi masalah dengan baik dalam pekerjaan mereka.
(YLA/RED, 04/11)

BNI Saudi Arabia

BACA JUGA

PMI di Taiwan Rilis Lagu Solo Perdana
07 Sep 2018 09:18 WIB | Yully Agyl | dibaca 1702 kali
PMI di Taiwan Rilis Lagu Solo Perdana
KAMI Gelar Pelatihan Paralegal For Migran
30 Aug 2018 01:36 WIB | Yully Agyl | dibaca 413 kali
KAMI Gelar Pelatihan Paralegal For Migran
Baru Tiga Bulan Bekerja, PMI Ditangkap Diduga Campuri Teh Majikan Dengan Cairan Pemutih
28 Aug 2018 06:58 WIB | Yully Agyl | dibaca 1009 kali
Baru Tiga Bulan Bekerja, PMI Ditangkap Diduga Campuri Teh Majikan Dengan Cairan Pemutih
Chen Chun Ming, Petugas Imigrasi Taiwan yang Pandai Bahasa Indonesia
27 Aug 2018 07:01 WIB | Yully Agyl | dibaca 1860 kali
Chen Chun Ming, Petugas Imigrasi Taiwan yang Pandai Bahasa Indonesia
Sakit Kanker Rahim, PMI Asal Lampung Dipaksa Pulang oleh Agen
18 Aug 2018 05:41 WIB | Yully Agyl | dibaca 385 kali
Sakit Kanker Rahim, PMI Asal Lampung Dipaksa Pulang oleh Agen